Des 20

Jual Bata Ringan Kota Batu dan Sekitarnya

Kota wisata Batu

            Berbicara tentang Kota Batu, tentu kita tidak bisa lepas dari  Kota Malang. Memang, dahulunya Kota Batu ini merupakan bagian dari Kab.Malang namun kemudian ditetapkan menjadi Kota Administratif pada 6 Maret 1993. Kota Batu berikutnya terpisah dari Kab. Malang dan menjadi Kota Otonom sejak 17 Oktober 2001. Sehingga satu kesatuan antara Kota Batu dan Kota Malang disebut dengan “Malang Raya”. Karena Kota Batu terletak pada ketinggian 700 – 1700 meter diatas permukaan laut, hal ini menjadikan Kota Batu memiliki suhu yang sejuk dan dingin. Sehingga hal ini menjadikan Kota Batu sebagai salah satu destinasi wisata di Negara yang memiliki iklim tropis ini.  Karena berada di daerah lereng pegunungan, pastinya Kota Batu memiliki pemandangan alam yang masih sangat asrinan hijau juga ditambah dengan kesuburan tanahnya menjadikan banyak penduduk di Kota Batu memilih pertanian dan perkebunan sebagai mata pencaharian sehari –hari. Karena kondisi tanah dan suhu di Kota Batu yang sangat mendukung untuk sektor perkebunan, maka rata rata penduduk yang bertempat tinggal di daerah lereng pegunungan, memilih untuk menanami kebunnya dengan buah – buahan seperti stroberi dan Apel karena buah ini sangat berpotensi besar pertumbuhannya di Kota Batu, namun sebagian besar lebih memilih untuk menanam pohon apel, Sehingga hal inilah yang membuat Kota Batu juga dijuluki sebagai Kota Apel.

            Menjelang akhir tahun adalah saat dimana Indonesia mengalami iklim hujan. Hal ini mengakibatkan beberapa dampak bagi rakyat Indonesia, seperti halnya dengan petani yang memiliki perkebunan di daerah dataran tinggi mereka lebih memilih untuk beralih bercocok tanam sayuran daripada buah – buahan. Iklim hujan juga memiliki banyak dampak lainnya terutama bagi pemukiman penduduk yang berada di dataran tinggi.Jika saat sedang iklim tropis, maka kondisi suhu yang dingin akan sangat menguntungkan bagi warga batu. Namun saat iklim penghujan mulai datang, dampak negatif yang dirasakan penduduk selain dari segi mata pencaharian juga darisegi pemukiman. Dengan kondisi udara normalnya yang sudah sejuk, maka saat hujan datang kemungkinan besar udara akan semakin dingin dan kelembaban suhupun tidak bisa dihindarkan lagi. Biasanya untuk pemukiman dampak ini akan menjadikan bangunan rumah penduduk terutama bagian dinding rumah akan terasa lebih dingin dan lembab. Kelembaban suhu ini juga dapat mengakibatkan banyaknya tumbuhan lumut yang tumbuh di dinding rumah penduduk. Hal ini tentu dapat memicu keresahan warga karena tumbuhan lumut akan memperburuk kondisi dinding dan juga dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jika hal ini terus menerus terjadi, dengan perkembangan tumbuhan lumut yang bisa dibilang cepat juga, maka hal ini dapat mengakibatkan struktur dinding bangunan menjadi mudah rapuh dan hancur.

            Kerapuhan dinding bangunan yang ditumbuhi lumut jika tidak segera diatasi akan semakin sulit untuk dimusnahkan. Hal ini juga dapat disebabkan oleh penggunaan bata merah pada struktur dinding bangunan. Saat suhu udara lembab, bata merah akan sangat mudah ditumbuhi oleh lumut. Meskipun sudah diatasi dan dihilangkan,bukan berarti lumut tersebut tidak akan tumbuh lagi. Karena jika kondisi dinding terus menerus lembab, maka tidak menutup kemungkinan lumut akan terus tumbuh dan semakin banyak. Sebenarnya hal ini dapat diantisipasi dengan mengganti bahan material yg semula ada dengan material yang lebih tahan terhadap cuaca dingin dan lebih kedap terhadap air. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu mengganti penggunaan bata merah dengan menggunakan bata ringan sebagai material dinding yang lebih kedap air.

            Bata ringan juga sangat sesuai digunakan pada area yang berpotensi terjadi bencana alam seperti longsor maupun gempa karena bata ringan memiliki bobot yang ringan namun memiliki kuat tekan yang sangat baik bagi sebuah bangunan sehingga dapat meminimalisir kerusakan yang ada saat terjadi bencana alam. Bata ringan memiliki kemampuan lebih tahan terhadap segala cuaca karena Bata ringan adalah batu bata yang memiliki jenis lebih ringan dibanding batu bata pada umumnya. Terbuat dari campuran pasir kuarsa, semen, kapur, sedikit gypsum dan alumunium pasta sehingga menjadikan bata ringan memiliki kandungan bahan yang lebih kedap terhadap air dan juga lebih tahan terhadap api. Bata Ringan dibuat dengan teknologi AAC (Auto claved Aerated Concrete) terbaik yang mana saat proses pembuatannya yaitu menambahkan gelembung udara ke dalam mortar sehingga akan mengurangi berat beton yang dihasilkan secara drastis. Hal inilah yang menjadikan berat bata ringan 3x lebih ringan namun tetap memiliki kuat tekan yang baik.

Saat ini bata ringan sedang tren di kalangan para kontraktor bangunan karena memiliki banyak kelebihan yang signifikan dibandingkan dengan bata merah. Jika menggunakan bata ringan sebagai salah satu bahan material bangunan tentunya dapat memberikan banyak keuntungan bagi pemilik bangunan, dari segi biaya jika semakin banyak bata yang dibutuhkan maka akan semakin sedikit biaya yang dikeluarkan. Begitupun dengan biaya pengerjaan, karena pengerjaan bata ringan cukup cepat, maka biaya yang dikeluarkan untuk jasa tukang juga bisa lebih diminimalisir. Pemasangan bata ringan juga terbilang cukup praktis karena dalam pemasangannya hanya memerlukan semen instan atau yang biasa disebut dengan semen mortar sebagai perekatnya,yang mana jika menggunakan semen instan kita hanya perlu mencampurkan antara semen instan dengan air saja. Hal ini juga dapat meminimalisir biaya pembelian pasir yang diperlukan jika kita menggunakan bata merah yang memerlukan campuran antara semen dan pasir untuk pemasangannya. Sehingga jika di kalkulasikan pemasangan bata ringan sangat menguntungkan dan dapat menghemat dari segi waktu maupun biayanya. Hal inilah yang menjadi faktor pertimbangan bagi customer yang sudah memilih bata ringan sebagai bahan material untuk bangunan miliknya.

Estimasi penghitungan bata ringan untuk ukuran standard bata dengan ketebalan 7,5 cm dengan luas dinding 13 m2 dapat diisi dengan 111 pcs bata ringan. Dalam artian semakin besar luasan yang akan dipasangi bata ringan maka semakin banyak juga bata ringan yang dibutuhkan untuk mengisi luasan tersebut. Untuk ukuran bata 10x60x20 membutuhkan sebanyak 1zak perekat, 4zak plester dan 1 acian. Dan biasanya ketebalan semen mortar yang digunakan untuk bata ringan rata-rata 3mm. Untuk mendapatkan bata ringan saat ini tidak sesulit saat bata ringan baru pertama diproduksi, karena PT.Tiga Mitra Surabaya sebagai salah satu distributor bata ringan terpercaya diIndonesia, menyediakan berbagai merk Bata Ringan dengan kualitas terbaik.Diantaranya yaitu Citicon, Grand Elephant, Bricon, Gracon, Focon, ICC, PriorityOne, Optima, dan lain-lain. Kami menyediakan bata ringan untuk semua area Kota Batu seperti Kecamatan Batu, Kecamatan Bumiaji, Kecamatan Junrejo, dll. PT. Tiga Mitra Surabaya juga melayani pengiriman bata ringan ke luar pula dan seluruh Indonesia. Untuk pengirimannya kami menggunakan muatan Tronton dan Colt Diesel. Untuk info dan pemesanan anda dapat menghubungi Hotline kami atau pundatang langsung ke kantor kami di :

PT. Tiga Mitra Surabaya
Jl. Raya Klakahrejo, Ruko TCBD-TR. 1/11 Benowo – Surabaya 60198.
Atau order secara online melalui :
Telp     : (031) 51160405
HP/WA : 081231313222 – 085100398222 – 087852574222
Email   : customerservice@tigamitra.com

Tautan permanen menuju artikel ini: https://www.jualbataringan3mitra.com/jual-bata-ringan-kota-batu-dan-sekitarnya/bata-ringan-murah/

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.